Vatikan Membebastugaskan Uskup Agung Merauke

Uskup Agung Merauke, Mgr Nicolaus Adi Seputera. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Vatikan membebastugaskan Uskup Agung Merauke, Mgr Nicolaus Adi Seputra MSC sejak Sabtu, 27 Juli 2019, namun tidak dijelaskan eksplisit alasan keputusan  tersebut.

Kabar pembebastugasan ini disampaikan Uskup Timika, Mgr John Philip Saklil di hadapan para imam, biarawan dan biarawati di Rumah Bina Merauke, Sabtu pukul 17.00 WIT.

Situs resmi Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) juga telah memberitakan hal tersebut, yang bersumber dari informasi Romo Siprianus Hormat, Sekertaris Eksekutif KWI.

Disebutkan bahwa Mgr Nicolas akan menjalani masa bina lanjut atau on going formation di Roma.

Untuk mengisi posisi sede plena di keuskupan agung di wilayah ujung timur Indonesia itu, Paus Fransiskan telah menunjuk Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC, Uskup Bandung sekaligus Sekertaris Jenderal KWI untuk menjadi visitator apostolik dan Mgr John Philip Saklil sebagai Administrator Apostolik.

“Sede plena berarti bahwa uskup setempat masih berwewenang, tapi karena yang bersangkutan meninggalkan keuskupan untuk jangka waktu lama, maka perlu ada Administrator Apostolik yang membantu di keuskupan yang bersangkutan,” demikian menurut KWI.

Sejauh ini tidak ada penjelasan terkait kasus apa yang menjadi alasan keputusan Vatikan, yang biasanya langkah terjadi.

BACA JUGA: Mgr John Philip Saklil Ajak Umat Keuskupan Agung Merauke Taati Keputusan Vatikan

Keuskupan Agung Merauke merupakan metropolit Provinsi Gerejani dalam kesatuan dengan empat keuskupan sufragan di dekatnya, yaitu keuskupan Agats, keuskupan Jayapura, keuskupan Manokwari-Sorong dan keuskupan Timika.

BACA JUGA: Mgr Nicolas Adi Seputra MSC, Turun Tahta Pasca 15 Tahun

Uskup Bandung sebelumnya juga pernah ditunjuk Vatikan menjadi visitator apostolik untuk menyelesaikan konflik di Keuskupan Ruteng pada 2017, yang kemudian berujung pada pengunduran diri Mgr Hubertus Leteng Pr.