Bersamaan dengan Shalat Idul Adha, Gereja Hati Kudus Yesus Malang Tiadakan Misa Pagi

Katoliknews – Pengurus Gereja Hati Kudus Yesus Kota Malang meniadakan jadwal misa pukul 06.00 WIB pada Minggu (11/8/2019) karena bersamaan dengan shalat Idul Adha 1440 hijriah di Masjid Agung Jami Kota Malang.

Menurut Pastor Paroki, Romo Alberto Djono Moi, O.carm, keputusan ini dibuat lantaran jarak Gereja Hati Kudus Yesus dan Masjid Agung hanya berkisar 100 meter.

Ia mengatakan, saat shalat Idul Adha Masjid Agung, jemaah biasanya akan meluber hingga Jalan Basuki Rachmat yang ada di depan gereja tersebut.

“Bapak, Ibu yang kami hormati. Tolong disampaikan kepada umat bahwa Minggu tanggal 11 Agustus tidak ada misa pukul 6.00 di Gereja HKY (Hati Kudus Yesus) karena ada shalat Id (shalat Idul Adha). Sedangkan yang lain seperti biasa,” kata Romo Alberto, Jumat (9/8/2019) seperti dilansir Kompas.com.

Sementara itu, Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel siap menjadwalkan ulang kebaktian apabila shalat belum selesai hingga pukul 08.00.

Menurut Pendeta Richard Agung Sutjahjono, paling pagi, jadwal kebaktian di gereja yang berjarak 50 meter dari Masjid Agung itu biasanya pukul 08.00 WIB.

“Tapi kalau selesainya jam 8, mereka (jemaat) tetap akan hadir. Mereka akan lewat pintu belakang. Mereka akan ada di dalam gereja sampai Idul Adha selesai,” kata Pendeta Richard Agung Sutjahjono.

Pendeta Richard mengatakan pengurus GPIB Immanuel akan ikut menjaga pelaksaan shalat Idul Adha itu. Menurutnya, kondisi seperti sudah biasa dan telah terjalin selama bertahun-tahun.

“Di sini ada komisi rumah tangga. Mereka akan tanggap jika ada saudara Muslim, ada yang mengalami kendala, dahaga atau pingsan, komisi rumah tangga kami standby,” ungkap dia. (brvs)