Umat Katolik Merauke Rayakan 144 Tahun Gereja Katolik Masuk Papua Selatan

Katoliknews.com – Ribuan umat Katolik Merauke merayakan 114 tahun masuknya Gereja Katolik di Papua Selatan, Rabu, 14 Agustus 2019.

Perayaan yang diawali dengan ekaristi syukur ini digelar di sekitar area Patung Hati Kudus Yesus, Merauke.

Seperti dilansir Jubi.co.id, Ketua panitia kegiatan, Hasan Sanjaya mengatakan peringatan ini digelar agar umat Katolik merasakan kehidupan dalam suatu keberadaban yang baik.

“Semua boleh terjadi dari budaya kasih yang memperkenalkan Tuhan kepada budaya manusia yang masih hidup dalam kegelapan saat itu,” ungkapnya.

Menurut Hasan, tidaklah mudah untuk menaklukkan keganasan alam sekaligus mewartakan kasih Allah pada 114 tahun silam.

“Para misionaris Hati Kudus serta perintis awam, menerjang ganasnya lautan meninggalkan keluarga mengantar warta kasih keselamatan ke Tanah Papua Selatan yang masih gelap kala itu,” katanya.

Lalu terkait acara peringatan ini, Hasan mengatakan pemerintah daerah sudah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2011.

Salah satu poin Perda itu adalah menetapkan tanggal 14 Agustus sebagai hari peringatan agama Katolik masuk di Papua Selatan dan menjadi hari libur fakultatif di Merauke.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua pihak dalam acara ini.

“Tentunya ini menjadi momen yang sangat tepat bagi umat Katolik di Selatan Papua untuk terus membangun hubungan lebih baik serta menjalin kekompakan,” katanya.

Acara peringatan ini turut dihadiri oleh Uskup Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC dan Uskup Bandung, Antonius Subiyanto, OSC.