Mgr Suharyo Jadi Kardinal, PGI Sampaikan Selamat

Gomar Gultom, sekertaris umum PGI. (Foto: Mediaindonesia.com)

Katoliknews.comPersekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyampaikan ucapan selamat atas pengangkatan Mgr Ignatius Suharyo menjadi sebagai kardinal.

“Proficiat! Saya mengucapkan selamat,” kata Gomar Gultom, sekertaris umum PGI dalam keterangan tertulis yang diterima katolknews.com, Senin, 2 September 2019.

Ia menyatakan, “kepercayaan Paus kepada beliau adalah juga sebuah kepercayaan Vatikan kepada Indonesia, sebagaimana pada kurun waktu sebelumnya, untuk ikut ambil bagian dalam pemerintahan Vatikan.”

“Saya mengenal baik Mgr Suharyo dalam kapasitas beliau sebagai Uskup Agung Jakarta dan sebagai Ketua Presidium KWI,” kata Pendeta Gomar.

“Beliau adalah sosok gembala yang sangat mengayomi, bukan saja atas umat Katolik yang menjadi umat genbalaannya, tetapi juga terhadap semua orang, tanpa sekat-sekat gereja dan agama. Berkomunikasi dengan beliau sangat nyaman dengan sentuhannya yang sangat personal,” lanjutnya.

Ia menyatakan merasakan sekali sikap kerendahan hati Mgr Suharyo, yang sepertinya menjadi dasar pelayanan beliau selama ini sebagai seorang uskup.

“Saya percaya beliau mampu menjalankan penunjukan ini menjadi amanah, apalagi konsern beliau terhadap dunia pendidikan sangat besar,” katanya.

Pengumuman penetapan sebagai kardinal bagi Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) itu bersama 12 uskup lainnya  disampaikan pada Minggu, 1 September 2019 di Vatikan.

Uskup Suharyo akan menerima topi merah dalam upacara konsistori pada 5 Oktober mendatang.