Kisah Habibie yang Pernah Shalat di Gereja

BJ Habibie. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Mantan Presiden RI ketiga, BJ Habibie menghembuskan nafas terakhir pada Rabu, 11 September 2019.

Ia meninggal dalam usia 83 tahun.

Ada banyak tentang sosok yang dikenal sebagai negarawan tersebut. Salah satunya tentang bagaimana ia pernah shalat di Gereja. Hal itu terjadi kala ia mengenyam pendidikan di Jerman pada kurun waktu 1955-1973.

Ditemani alunan musik gereja dan kicauan burung gereja, Rudi Habibie, panggilan akrab dia saat itu, berdoa dengan cara Islam di dalam gereja.

“Di sana (Jerman), tidak ada masjid atau pun musala karena mayoritas warga di sana beragama Katolik. Sehingga sangat sulit bagi saya  menemukan tempat beribadah dan mengadu kepada Tuhan,” kata Habibie melalui video singkat yang viral di media sosial, Kamis, 12 September 2019.

Habibie muda berkisah, ia yang ingin sekali menenangkan diri dan ingin mengadu kepada Tuhan terutama saat kerinduannya membuncah pada kedua orangtuanya di tanah air, akhirnya nekat masuk ke dalam Gereja.

“Saya akhirnya ke gereja lalu saya berkata, ‘Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa, gedung ini dibuat oleh manusia yang mencintai-Mu dan saya juga mencintai-Mu. Perkenankan saya untuk masuk dan berdoa dengan cara saya sendiri. Saya ingin berdoa untuk keluarga dan bangsa saya yang saya tinggalkan di Indonesia,” kata Habibie.

Kemudian, dia memutuskan masuk ke dalam gedung gereja itu dan memilih untuk berdiri di bangku barisan belakang gereja, dekat tempat pembakaran lilin.

“Ada alunan musik gereja. Dan saya akhirnya menunaikan salat di gereja,” kenang dia.