Pesan Imam di Keuskupan Ruteng untuk Orangtua Penerima Komuni Pertama: Jangan Hanya Suruh Anak ke Gereja

Peserta Komuni Pertama Stasi Golo Mongkok-Keuskupan Ruteng.

Katoliknews.comPastor Marselus Bedin, yang memimpin misa pemberian Sakramen Komuni Pertama di Stasi Golo Mongkok, Paroki Sok, Keuskupan Ruteng meminta agar orang tua agar tetap ke gereja walaupun sudah menghantar anak-anak mereka menerima sakramen komuni pertama.

“Di hari Minggu yang akan datang orangtua harus bersama dengan anak-anaknya untuk datang ke Gereja,” katanya dalam kotbahnya dalam misa yang digelar pada Minggu, 22 September 2019 itu.

“Jangan hanya menyuruh anak saja yang datang. Orangtua harus berada di depan dalam mendukung dan mengembangkan iman anak,” tambahnya.

Sebanyak 56 anak yang menerima sakramen tersebut. Anak-anak tersebut telah melewati pembinaan hampir dua bulan serta melewati ujian untuk diperkenankan mengikuti komuni.

Menurut Pastor Marselinus seluruh anak yang menerima komuni disarankan untut berkelakuan baik.

“Ekaristi sebagai bentuk perayaan kehadiran Yesus Kristus dalam hidup kita. Kalian harus menunjukkan bahwa dirimu mampu memberikan kesaksian yang baik dalam hidup sehari-hari” katanya.

Anak-anak yang telah menerima komuni, katanya harus berkelakuan baik. Mereka harus mampu membuat orangtua bangga dengan terus belajar mengembangkan diri tanpa merusak diri.

Pastor dari ordo Claretian itu juga berpesan pada orangtua peserta komuni pertains untuk mendidik anak dengan menunjukkan tingkah laku yang baik.

“Orangtua harus berperan dalam mendidik anak. Tugas orangtua harus mendukung pendidikan anak agar mereka memiliki masa depan yang lebih baik”, lanjutnya.

Sementara perwakilan dari anak perta komuni pertama, Laura Indah dalam sambutannya mengatakan bahwa mereka merasa bersyukur atas rahmat yang mereka peroleh.

“Karena cinta Tuhan pada kami sehingga kami  diperkenankan untuk menerima Tubuh dan Darah Kristus.” tuturnya.

Laura juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah membimbing dan membina mereka hingga semuanya berjalan dengan sukses.

“Terima kasih kepada panitia dan guru-guru kami di sekolah. Semoga kami kelak menjadi anak yang baik bagi Gereja dan bangsa”, tutupnya.

Pantuan Floresa.co, khidmatnya perayaan terlihat sejak di pintu masuk. Ada ritus penyerahan peserta komuni pertama dari orangtua kepada pihak Gereja, lalu peserta disambut dengan tarian perarakan menuju ke dalam Gereja Stasi Golo Mongkok.

Koor perayaan komuni pertama kali ini ditanggung oleh SMK Cinta Damai Bondo. Tampak perayaan berlangsung meriah dengan alunan nyanyian yang merdu.

Floresa/Katoliknews