Diutus Jokowi, Menteri Agama Hadiri Pelantikan Kardinal Suharyo

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Ist)

Katoliknews.comMenteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dilaporkan akan menghadiri upacara pelantikan Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo sebagai kardinal di Vatikan pada Sabtu, 5 Oktober 2019.

Kehadiran menteri tersebut merupakan penugasan langsung dari Presiden Joko Widodo, demikian menurut laporan Hidupkatolik.com.

Lukman kini sudah berada di Vatikan, setelah sebelumnya juga mengikuti sejumlah rangkaian acara, termasuk bertemu dengan Paus Fransiskus dalam audiensi umum pada 2 Oktober di Basilika St Petrus, Vatikan.

Selain Lukman, upacara pelantikan ini juga dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan yang merupakan seorang Katolik, anggota kuria Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), dan beberapa kerabat dekat Mgr Suharyo.

Bersama 12 orang lainnya, Mgr Suharyo, yang juga Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) akan secara resmi menjadi kardinal dalam sebuah upacara khusus, konsistori.

Pengumuman mereka sebagai kardinal sudah disampaikan Paus Fransiskus pada 1 September lalu.

Suharyo tercatat sebagai kardinal ketiga dari Indonesia.

Kardinal pertama asal Indonesia adalah Almarhum Kardinal Justinus Damojuwono, yang pernah menjadi Uskup Agung Semarang.

Sementara kardinal kedua adalah Kardinal Julius Darmaarmadja SJ, yang tercatat pernah menjadi Uskup Agung Semarang dan kemudian menjadi Uskup Agung Jakarta.