Paus Fransiskus Kanonisasi Lima Orang Suci Baru: Satu Santo dan Empat Santa

Santo John Henry Newman, salah satu orang suci yang dikanonisasi pada Minggu, 13 Oktober 2019. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Paus Fransiskus memimpin upcara kanonisasi untuk lima orang suci, yakni seorang santo dan empat orang santa pada Minggu, 13 Oktober 2019 di Vatikan.

Santo yang dikanonisasi adalah John Henry Newman, Kardinal asal Inggris, yang mulanya adalah seorang pemimpin Gereja Anglikan tetapi kemudian berpindah keyakinan menjadi Katolik.

Sementara empat santa adalah seorang perempuan awam asal Swiss, Marguerite Bays; biarawati asal Italia, Suster Giuseppina Vannini; biarawati asal India, Suster Marian Thresia; dan seorang biarawati yang dijuluki ”Bunda Teresa dari Brasil” Suster Dulce Lopes Pontes.

Sejumlah kepala negara dari seluruh dunia menghadiri upacara kanonisasi tersebut.

Dalam homilinya, Paus Fransiskus mengajak 2.000-an umat Katolik yang hadir di Lapangan Basilika Santo Petrus untuk mengucap syukur.

”Mereka berjalan (para orang suci) dalam iman dan sekarang kita memohon perantaraan mereka,” kata Paus Fransiskus.

Pangeran Charles, yang memimpin delegasi Inggris untuk memberikan penghormatan kepada Newman mengatakan, Newman merupakan salah satu pemikir terkemuka Gereja Katolik.

Sementara itu, Paus Fransiskus menyebut Newman sebagai orang yang ceria, mudah berteman, ramah, lembut, sopan, jujur dan tidak berpura-pura.

Dilahirkan pada tahun 1801, Newman dikenal sebagai pengkhotbah yang ulung dan berkarisma, yang dapat mengubah kehidupan para pendengarnya.

Saat masih di bawah Gereja Anglikan, ia berusaha untuk ”memperbarui” gereja itu.

Namun, akhirnya dia yakin bahwa Katolik adalah satu-satunya iman yang benar. Ia pun berpindah keyakinan menjadi Katolik pada usia 44 tahun.

Newman menapaki hierarki Gereja Katolik hingga akhirnya menjadi seorang kardinal.

Pertobatannya ke Katolik disebut menjadi salah satu peristiwa rohani yang berpengaruh besar pada “pemulihan” kekatolikan di Inggris.

BACA JUGA: Bagaimana Proses Memberi Gelar “Orang Kudus” dalam Katolik?

Saat ia meninggal pada 1890, sekitar 15.000 orang berbaris di jalan-jalan di Birmingham untuk pemakamannya.

Newman juga membantu mereformasi Universitas Oxford dan mendirikan University College Dublin.

Umumnya, santo atau santa baru harus memiliki atau mengalami dua ”mujizat” atas nama mereka.

Newman tercatat menyembuhkan Jack Sullivan, seorang pria Amerika dari Boston yang mengalami gangguan tulang belakang yang mengklaim bahwa pada 2001 dia tiba-tiba bisa berjalan lagi setelah berdoa kepada Newsman.

”Mukjizat” keduanya adalah terjadi penyembuhan terhadap  Melissa Villalobos, seorang perempuan dengan ”kehamilan yang mengancam jiwa” yang tak dapat dijelaskan.

Penyembuhan kedua ini telah diakui Vatikan pada tahun ini.