Johnny G. Plate: Pernah Sekolah di Seminari dan Aktif di Organisasi Katolik

Johnny G Plate. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Politisi Partai Nasional Demokrat, Johnny G. Plate terpilih menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Pria kelahiran Ruteng, Manggarai, Flores pada 10 September 1956 ini menjadi satu-satunya menteri yang beragama Katolik dalam kabinet Jokowi kali ini.

Bersama dengan 37 menteri lainnya, ia diperkenalkan kepada publik pada Rabu, 23 Oktober 2019 oleh Presiden Jokowi.

Sebelum menempati posisinya saat ini, Johnny meniti karirnya di dunia bisnis, lalu kemudian terjun ke dalam politik.

Dari segi jejak pendidikan dan organisasi, ia tercatat pernah mengenyam pendidikan di seminari, lalu masuk universitas Katolik dan kemudian aktif di organisasi massa Katolik.

Johnny melewati masa SMP di SMP Seminari Pius XII Kisol, sekolah pendidikan calon imam yang terletak di Kabupaten Manggarai Timur, NTT. Ia berlajar di tempat itu dari tahun 1968 hingga 1971.

Sementara SMA dilaluinya di SMA Negeri 1 Ruteng. Johnny kemudian melanjutkan studi sarjana di Universitas Katolik Atmajaya, Jakarta.

Johnny tercatat pernah menjadi  anggota Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) pada 1980-1985.

Ia kemudian menjadi anggota Dewan Pertimbangan PMKRI  (1985-2013) dan Penasihat Awam Pengurus Pusat  Pemuda Katolik Indonesia (2012-2013).

Ia juga terlibat sebagai menjadi Dewan Komisaris Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (2010-2013).

Saat diangkat sebagai menteri, Johnny masih tercatat sebagai anggota DPR RI untuk periode yang kedua, mewakili Derah Pemilihan (Dapil) NTT 1.

Pada Pemilu April lalu, ia meraih 123.290 suara, yang membuat namanya tercatat sebagai peraih suara terbanyak di Dapil NTT 1.