Pemuda Katolik Jawa Barat Sukses Gelar Mapenta dan Muskomcab Kota Bandung

Ketua Pemuda Katolik Komda Jabar, Edi Silaban secara simbolik mengenakan pakaian organisasi Pemuda Katolik kepada anggota baru dalam Mapenta Komcab Kota Bandung (3/11/2019).

Katoliknews.com – Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar) sukses melaksanakan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Kota Bandung yang diselenggarakan di Bandung pada Minggu, 3 November 2019.

Dalam Muskomcab, Ricky J. Alexander terpilih sebagai Ketua Komisariat Cabang Kota Bandung periode 2019-2022.

Mapenta yang digelar di Bumi Silih Asih, Kota Bandung itu dibuka langsung oleh Edi Silaban, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat.

Tema yang diusung ialah “Konsolidasi Organisasi dalam bingkai Kebersamaan Mewujudkan Pemuda Katolik yang Lebih Bermartabat”.

Dalam sambutannya Edi mengatakan, Mapenta dan Muskomcab itu merupakan hasil dari seluruh rangkaian konsolidasi organisasi Komda Jabar yang dilakukan secara intens dan berkesinambungan.

“Hadirnya Pemuda Katolik di Kota Bandung adalah tonggak sejarah baru atas komunikasi yang secara terus-menerus kita lakukan. Ke depan, semoga Komcab Kota Bandung dapat segera bersinergi dengan baik dengan Pemerintah Daerah dan juga Gereja,” katanya.

“Saya juga harapkan Pemuda Katolik berperan aktif dalam segala lini dan aspek kehidupan sosial masyarakat,” tambah Edi.

Mapenta diawali oleh paparan materi Ajaran Sosial Gereja  oleh Pastor Moderator Komda Jabar, Ignatius Eddy Putranto OSC.

Menurut Pastor Eddy, kaum muda harus berpartisipasi aktif menanggapi setiap isu sosial. Selain itu, katanya, kaum muda juga harus mampu merawat kehidupan dalam keluarga.

“Membangun kehidupan mulailah dari keluarga. Keluarga adalah inti dari kesejahteraan sosial dan juga gereja,” katanya.

Selain Pastor Edi, hadir juga Ignatius Ganjar Tri, Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Pemuda Katolik Bidang Kaderisasi.

Dia bersyukur dan mangucapkan profisiat karena Komcab Kota Bandung dapat kembali eksis.

“Organisasi Pemuda Katolik berbentuk Kesatuan Nasional dan meliputi seluruh wilayah NKRI, maka seluruh kader diharapkan dapat berproses dengan membuka ruang dialog dan pelatihan agar semakin memahami dasar dan mekanisme organisasi,” ucapnya.

Sementar itu, Alexandrina Emeritha Pujiastuti, mewakili Senior Komda Jabar memberi gambaran jelas terkait sejarah pergerakan Pemuda Katolik di Bumi Pasundan.

“Di bawah kepemimpinan Edi Silaban, kami mengapresiasi atas kahadirannya untuk turun melakukan konsolidasi dan akan mendukung arah gerak Komda Jabar,” katanya.

Dalam Muskomcab ini, Edi menambahkan, terdapat rekomendasi-rekomendasi baik internal maupun eksternal yang harus dikerjakan Komcab Kota Bandung.

“Ikhtiar ini tentu membutuhkan dukungan dari banyak pihak,” katanya.

Turut hadir dalam acara ini adalah Robertus Gatot, Ketua Pemuda Katolik Kota Bogor; para senior Pemuda Katolik Komda Jabar; Beny Wijayanto, Pengurus Pusat Lembaga Pendampingan Kaderisasi; pengurus pusat yang diwakili oleh Asto Ivo BS Meliala, Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Organisasi dan 23 peserta dari berbagai paroki se-Kota Bandung.