Acara Natal Seminari Tinggi St. Kamilus, Nila-Maumere bersama para penderita gangguan jiwa.

Katoliknews.com – Salah satu Seminari Tinggi di Flores, NTT akan menggelar acara Natal bersama sejumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang telah dibebaskan dari pasung.

Acara bertema ‘Merayakan Hidup Baru Bersama Kristus Setelah Pasung’ ini diselenggarakan oleh Seminari Tinggi St. Kamilus, Nita-Maumere pada 26 Desember 2019 mendatang.

ODGJ yang akan dilibatkan dalam acara ini adalah penderita gangguan jiwa yang telah dibebaskan dari pasung dan saat ini dirawat oleh pihak Seminari Tinggi St. Kamilus dalam rumah rehabilitasi yang disebut ‘rumah bebas pasung’.

Saat berbicara kepada Katoliknews.com, Rektor Seminari Tinggi St. Kamilus, Pastor Suparman Andi mengatakan, acara tersebut digelar untuk menguatkan para ODGJ bahwa usai bebas pasung mereka memiliki harapan dan hidup baru.

“Bahwa mereka lebih sehat, semangat dan bebas menatap masa depan dengan hidup baru dalam Kristus,” kata Pastor Andi, Selasa,17 Desember 2019.

“Kristus juga telah memberikan kita kekuatan agar membuat para ODGJ menjadi manusia baru,” ujarnya.

Acara Natal ini diinisiai oleh pihak seminari sendiri, dan menjadi acara kedua setelah reuni pertama dengan para ODGJ pada November 2018 lalu dimana saat itu mereka masih berjumlah 38 orang.

Saat ini, jelasnya, ODGJ yang dirawat Seminari Tinggi St. Kamilus sudah berjumlah sekitar 40 orang, 32 diantaranya sudah memiliki rumah bebas pasung.

“Rumah bebas pasung yang ke 33 dan 34 saat ini masih dibangun,” jelasnya.

Pastor Andi juga mengajak umat untuk turut berpartisipasi dalam acara ini dan memberikan sumbangan untuk keperluan sehari-hari ODGJ dan keluarga mereka.

“Saat ini kami membutuhkan paket sembako, pakaian dan ternak untuk ODGJ dan keluarga mereka,” katanya.