Menag Tegaskan Setiap Orang Berhak Sampaikan Ucapan Natal

Menteri Agama, Fachrul Razi. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Menteri Agama (Menag) Facrul Razi mengatakan setiap masyarakat berhak untuk menyampaikan ucapan Natal bagi mereka yang merayakannya.

Hal tersebut disampaikannya ketika mengunjungi UIN Walisongo, Semarang, Jawa Tengah pada Kamis 19 Desember 2019.

“Setiap orang tidak boleh memaksakan sikapnya. Dan mengucapkan selamat Natal itu pasti tidak akan menganggu akidahnya masing-masing. Maka jangan sampai memaksakan pendapatnya,” ungkap Fachrul seperti dilansir Kompas.com.

“Menjelang malam Natal 25 Desember, sudah semestinya kita juga memberikan kesempatan kepada pemeluk agama lain untuk beribadah,” kata Fachrul.

Meski begitu, untuk umat Nasrani, Fachruz Razi mengimbau agar tidak merayakan Natal ‘berlebihan’.

“Sikap saling menghargai dan tenggang rasa harus dijaga karena merupakan budaya yang sejak dulu ada di Indonesia. Sehingga tercipta kerukunan umat beragama,” jelasnya.

Saat itu, ia juga memuji tingkat kerukunan umat beragama di Jawa Tengah yang terbilang tinggi yakni mencapai 74,8 persen dan jadi yang tertinggi di seluruh Pulau Jawa.

“Ya mudah-mudahan adanya toleransi beragama yang terjalin akan jadi lebih baik lagi ke depannya. Kalau umatnya tidak rukun, jadinya sulit membangun keberagaman,” katanya.