Paus Fransiskus. (Foto: www.nbcnews.com)

Katoliknews.com – Paus Fransiskus menyampaikan permohonan maaf usai memukul tangan seorang perempuan saat menjumpai ribuan umat di Basilika St. Petrus, Vatikan pada Selasa, 31 Desember 2019.

Paus mengatakan hal tersebut saat kotbah dalam misa yang digelar pada Rabu 1 Januari 2020.

“Berkali-kali kita hilang kesabaran, termasuk saya, dan saya meminta maaf atas contoh buruk yang terjadi kemarin,” kata Paus di hadapan ribuan umat di Basilika St. Petrus seperti dilansir Reuters.

Paus asal Argentina itu juga sekaligus menggunakan kesempatan itu untuk mengutuk kekerasan terhadap perempuan di lingkungan masyarakat modern saat ini.

“Semua kekerasan pada perempuan sama dengan melakukan penodaan pada Tuhan. Tubuh perempuan sering dikorbankan dalam papan sebuah iklan, untuk mencari keuntungan hingga pornografi,” kata Paus.

Menurut Paus, tubuh perempuan harus dibebaskan dari segala konsumerisme, dihormati dan dihargai.

Perempuan sekarang ini, kata dia, masih ada yang menjadi korban kekerasan, pemukulan, perkosaan, dipaksa bekerja di prostitusi hingga dipaksa aborsi.

Sebelumnya, dalam video yang beredar, Paus Fransiskus tampak gusar hingga memukul tangan seorang perempuan yang berusaha memegang tangan dan menariknya.

Usai kejadian tersebut, Paus Fransiskus mengatakan ia khilaf hilang kesabaran dan telah memperlihatkan sebuah contoh buruk.