Sumber foto: Foxnews.com

Katoliknews.com – Paus Fransiskus memohon doa semua orang untuk bencana kebakaran di Australia.

Hal tersebut disampaikan Paus saat menggelar audiensi umum dengan para peziarah di Aula Paus Paulus VI, Vatikan pada Rabu 8 Januari 2020.

“Saya meminta Anda berdoa kepada Tuhan demi membantu warga Australia yang saat ini mendapat kesulitan akibat kebakaran hutan yang hebat,” katanya seperti dikutip dari Vaticannews.va, Jumat 10 Januari 2020.

“Aku dekat dengan warga Australia,” lanjutnya.

Kebakaran lahan dan hutan di Australia sudah terjadi sejak September 2019.

Perdana Menteri Australia Scott Morinson mengatakan, kebakaran hutan masih berlangsung berbulan-bulan, lantaran suhu panas meningkat disertai dengan curah hujan yang tergolong rendah.

Hingga saat ini, bencana tersebut telah menewaskan 26 orang dan sebanyak 2.000 rumah hancur. Kebakaran itu juga diyakini telah memusnahkan ratusan juta hewan.

Australia telah mengerahkan 3.000 tentara cadangan untuk membantu petugas pemadam kebakaran sukarela, serta mengevakuasi ribuan warga yang bertahan di pantai-pantai negara bagian New South Wales.

Dewan Asuransi Australia (ICA) memperkirakan kerugian akibat kebakaran semak telah mencapai AUD700 juta (sekira Rp7 triliun).