Paus Fransiskus: Pengampunan Membuat Kita Sehat

Paus Fransiskus. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Meskpun penyembuhan menjadi hal utama dalam pelayanan Yesus, Paus Fransiskus mengatakan bahwa Yesus selalu memulainya dengan tindakan penting yaitu mengampuni dosa orang-orang yang memohon bantuan kepadanya.

“Yesus mengajari kita untuk mengutamakan hal yang esensial,” katanya seperti dilansir Catholic News Service mengutip khotbah saat Misa bersama umat di St Martha House di Kota Vatikan pada 17 Januari.

“Yang penting adalah kesehatan, lengkap (antara) tubuh dan jiwa.”

Pernyataan itu ia sampaikan saat mengomentari bacaan dari Injil Markus yang memberikan penjelasan tentang penyembuhan dan pengampunan Yesus bagi seorang lumpuh di kota Kapernaum.

Paus mencatat bahwa Yesus pertama-tama mengatakan, “Anakku, dosamu sudah diampuni,” dan kemudian menyembuhkan orang itu untuk memberikan pelajaran kepada mereka yang telah berkumpul untuk melihat dia.

“Penyembuhan fisik adalah anugerah, kesehatan fisik adalah anugerah yang harus kita jaga,” kata Paus Fransiskus.

“Tetapi Tuhan mengajarkan kita bahwa kita harus menjaga kesehatan hati kita – kesehatan rohani kita – juga,” katanya.

Paus Fransiskus mengatakan tidaklah cukup untuk secara umum mengakui bahwa semua orang adalah pendosa karena hal itu menghilangkan pengetahuan (seseorang atas dosanya) dan konsekuensi tentang perlunya penyembuhan.

Dia juga mengatakan bahwa sama seperti orang mencari dokter ketika menderita penyakit fisik, ketika menderita secara rohani, “kita pergi ke dokter yang dapat menyembuhkan kita, yang dapat mengampuni dosa-dosa kita. Yesus datang karena alasan ini, dia memberikan hidupnya untuk pengampuni dosa-dosa kita.”

Paus melanjutkan, “Hari ini Yesus berkata kepada kita masing-masing, ‘Aku ingin mengampuni dosa-dosamu.”