OSISKA: Wadah Menyiapkan Kader Pemimpin Masa Depan

Para peserta Training of Trainers untuk Pembina OSISKA dari seluruh Indonesia yang digelar pada 11 – 14 Januari 2020. (Foto: MNPK)

Katoliknews.com – Indonesia butuh para pemimpin yang memegang teguh nilai-nilai kebangsaan sebagaimana digariskan dalam Pancasila. Upaya menyiapkan para pemimpin masa depan yang Pancasilais itu menjadi tanggung jawab semua pihak.

Romo Vinsensius Darmin Mbula OFM, Ketua Presidium Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK) mengatakan, peran menyiapkan pemimpin-pemimpin masa depan seperti itu adalah juga menjadi bagian dari tanggung jawab sekolah-sekolah Katolik.

MNPK, jelas dia, memandatkan tanggung jawab itu, salah satunya, kepada Pembina OSISKA. OSISKA merujuk pada OSIS Katolik.

Dalam kerangka itu, pada 11-14 Januari 2020, sebanyak 120 orang pembina OSISKA dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan Trainers of Trainer (TOT) di Bogor yang difasilitasi oleh Tim Kerja Pembina OSISKA MNPK.

Kegiatan itu, jelas dia, bertujuan membekali mereka dengan pemahaman yang baik dan benar terkait peran membina OSISKA di sekolah masing-masing.

Kegiatan yang berlangsung di Grand Cempaka Hotel, Bogor itu mengangkat tema “Dengan TOT Pembina OSISKA dan Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Kita Wujudkan Peradaban Kasih di Sekolah Katolik.”

Romo Darmin mengatakan, sejalan dengan moto pemerintah saat ini, yaitu menyiapkan SDM Unggul untuk Indonesia Maju, Pembina OSISKA MNPK memiliki peran untuk mempersiapkan pemimpin masa depan yang memiliki integritas dan mengedepankan perjuangan mewujudkan peradaban kasih.

“Ke depan, harus muncul tokoh-tokoh bangsa kita dari kalangan Katolik yang telah disiapkan melalui gerakan Tim Kerja Pembina OSISKA MNPK. Spiritualitas kepemimpinan yang disiapkan oleh para Pembina OSISKA  harus berdasarkan pada ajaran Kristus yaitu prinsip menjadi Gembala yang Baik dan kepemimpinan yang melayani,” katanya.

Ia juga mengingatkan bahwa kaderisasi lewat wadah OSISKA jangan alergi untuk menyiapkan pemimpim-pemimpin di bidang politik.

“Dalam kerangka itu, pertemuan-pertemuan berikutnya diupayakan menghadirkan tokoh-tokoh politik dari kalangan Katolik yang saat ini sedang berkiprah di level nasional,” katanya.

Pemateri dalam TOT ini adalah tim dari Frans Liem & Associates.

Materinya beragam, dimulai dari terkait motivasi, kepemimpinan proaktif (pedoman kepemimpinan), ekspresi kepemimpinan sejati, latihan trik dan metode, penghayatan nilai-nilai kebangsaan, desain latihan dasar kepemimpinan, dan metode latihan kepemimpinan.