Paus Fransiskus Bertemu dengan Presiden Argentina

Paus Fransiskus menerima kunjungan Presiden Argentina yang baru, Alberto Fernández. (Foto: Vaticannews.va)

Katoliknews.com – Paus Fransiskus menerima kunjungan Presiden Argentina yang baru, Alberto Fernández, di Vatikan pada Jumat pagi, 31 Januari 2020.

Presiden Alberto – yang dilantik pada bulan lalu – kemudian bertemu dengan Kardinal Pietro Parolin, Sekretaris Negara Vatikan, ditemani oleh Mgr Mirosław Wachowski, Wakil Sekretaris untuk Hubungan Antarnegara.

Menurut Kantor Pers Takhta Suci, kedua pihak menyatakan kepuasan atas hubungan baik yang terjalin antara Tahta Suci dan Republik Argentina.

Diskusi difokuskan pada situasi keseluruhan negara, dengan perhatian khusus pada krisis keuangan, perang melawan kemiskinan, korupsi dan perdagangan narkoba dan perlindungan kehidupan sejak saat pembuahan.

Kontribusi signifikan Gereja Katolik dalam mendukung seluruh masyarakat Argentina diakui, terutama dalam melayani kelompok yang rentan, demikian dilansir Vaticannews.va.

Sementara itu, dalam pernyataannya kepada pers usai pertemuan itu, Presiden Argentina Alberto Fernandez menyatakan Paus Fransiskus berjanji padanya untuk melakukan segala yang dia bisa demi membantu atasi krisis utang di negara asalnya.

“Paus membantu kita banyak dan saya apresiasi itu karena dia seorang warga Argentina yang khawatir dengan tanah airnya. Paus akan melakukan segala yang dia bisa untuk membantu kita,” papar Fernandez.

Ia sendiri berjanji menjembatani perpecahan sosial dan menerapkan sistem kredit bunga rendah untuk mendorong permintaan domestik serta meningkatkan belanja untuk mengatasi kelaparan dan kemiskinan.

Pemerintahannya menyatakan perlu restrukturisasi utang sebesar USD100 miliar dengan para kreditornya, termasuk Dana Moneter Internasional (IMF), di tengah resesi dan inflasi lebih dari 50%.

Pekan depan, Managing Director IMF Kristalina Georgieva dan Menteri Ekonomi Argentina Martin Guzman akan bertemu membahas utang di sela konferensi di Vatikan.

Fernandez banyak menerapkan ide-ide Paus tentang keadilan sosial dan mengutip pernyataan Paus berulang kali dalam pidato pelantikannya.