400 Gua Dibangun di Argentina  untuk Merayakan Hari Maria

Patung Our Lady of Valley. (Foto: Ist)

Katoliknews.comUntuk memperingati hari peringatan patung Perawan Maria ditemukan di Argentina, 400 gua kecil sedang dibangun di sebuag wilayah di negara tersebut.

Empat ratus tahun yang lalu, seorang warga pribumi Argentina menemukan Patung Bunda Maria di ceruk batu di sisi lereng terpencil.

Pada patung tersebut, kulit Bunda Maria berwarna coklat, sama dengan warna kulit penduduk asli. Penemuan menjadi cikal bakal devosi yang luas dengan nama Our Lady of the Valley (Bunda Maria Valley), pelindung Provinsi Catamarca, tempat penemuan patung itu terjadi. Setiap tahun, ribuan orang dari seluruh penjuru negeri itu berbondong-bondong untuk melihat patung tersebut.

Menandai peringatan 400 tahun penemuan patung tersebut, para uskup Argentina telah menyatakan tanggal 8 Desember 2019 hingga 8 Desember 2020 sebagai Tahun Maria Nasional.

Tahun 2020 juga menandai peringatan 500 tahun Misa pertama yang dipersembahkan di tanah Argentina.


Umat ​​paroki di Paroki Maria Ratu Rosasri di kota Hualfín, Catamarca mengusulkan gagasan untuk membangun 400 gua sebagai bagian dari perayaan itu, demikian menurut Catholic News Agency,

Gagasan itu disetujui oleh Uskup Catamarca, Mgr Luis Urbane dan dewan paroki di daerah itu.

Setiap paroki bertanggung jawab untuk membangun 13 gua kecil.

Gua pertama di dusun Laguna Blanca telah selesai dibangun  dan diberkati pada 30 Januari.