Akhir Maret, Utusan Vatikan ke Jakarta Bahas Agenda Kunjungan Paus Fransiskus

Paus Fransiskus. (Foto: Ist)

Katoliknews.comUtusan Vatikan akan datang ke Jakarta pada bulan Maret ini, membahas agenda kunjungan Paus Fransiskus, yang dipastikan akan berlangsung pada bulan September.

“Tim Vatikan berencana untuk datang ke Indonesia pada akhir Maret dan pengumuman resmi tentang jadwal dan kegiatan Paus akan diumumkan setelah itu, ” kata Kardinal Ignatius Suharyo, Jumat, 28 Februari 2020, seperti dikutip The Jakarta Post.

Paus direncanakan tiba di Indonesia pada 1 September.

Diberitakan Matakatolik.com sebelumnya bahwa ada kemungkinan ia akan memimpin Misa di Stadion Gelora Bung Karno pada 2 Sepetember.

Selain memimpin Misa, Paus juga direncanakan akan diharapkan untuk mengunjungi Masjid Istiqlal dan bertemu dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, serta dengan para uskup, imam, dan biarawati di Katedral Jakarta.


Paus Fransikus juga dijadwalkan akan bertemu dengan  berbagai tokoh lintas agama.

Lawatan Paus ke Indonesia menjadi satu rangkaian kunjungan ke Timor Leste dan Papua New Guini.

Mgr. Suharyo belum bisa memastikan apakah Paus Fransiskus akan mengunjungi Ambon dan beberapa kota di Indonesia seperti yang ramai diperbincangkan umat Katolik Indonesia.

“Dalam rencana ke Ambon, kalau disetujui. Tapi belum bisa dipastikan. Tapi Ambon sudah siap. Pontianak, Larantuka dan Makassar juga minta dan sudah mengirim surat,” katanya.

Rencana kedatangan Paus Fransiskus sebelumnya terungkap pada Januari lalu.

Catholic News Agency (CNA) kala itu mengutip pernyataan dari hasil wawancara dengan tokoh Nahdatul Ulama (NU), Yahya Cholil Staquf yang ikut dalam pertemuan dengan Paus Fransiskus pada 15 Januari.

BACA: Tahun Ini Paus Kemungkinan Kunjungi Indonesia

Ulama yang akrab disapa Gus Yahya itu berada di Roma untuk pertemuan yang melibatkan pimpinan dari agama-agama Abrahamistik; Yahudi, Kristen dan Islam di mana mereka membahas upaya menciptakan perdamaian dan persaudaraan.

Indonesia adalah rumah bagi populasi Muslim terbesar di dunia, di mana terdapat 229 juta Muslim. Jumlah itu setara dengan dari 12% dari populasi Muslim di seluruh dunia.

Ada 24 juta orang Kristen yang tinggal di Indonesia, 7 juta di antaranya adalah Katolik.

Paus St. Paulus VI menjadi paus pertama yang  mengunjungi Indonesia pada tahun 1970.

Dua dekade kemudian, Paus St. Yohanes Paulus II mengadakan kunjungan ke Indonesia pada 1989.