Tyson Fury, Pewarta Nama Kristus di Ring Tinju Dunia

Katoliknews.com – Setelah sukses menjadi salah satu petinju terbaik kelas berat dunia, Tyson Fury ternyata tetap setia menggaungkan nama Yesus Kristus di ring tinju.

Dalam pertandingan ulang melawan juara World Boxing Council (WBC) Deontay Wilder pada Sabtu 22 Februari 2020 waktu AS, Fury berhasil menjadi pemenang usai beberapa kali menjatuhkan Wilder, hingga wasit memberhentikan pertarungan itu di ronde ke tujuh.

Usai pertandingan tersebut, seperti biasa Fury dengan gagah mengakui Yesus Kristus sebagai juruselamatnya.

“Pertama-tama dan terutama, saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan dan Juruselamatku Yesus Kristus, yang telah membantu saya mengalahkan kuasa gelap. Saya tegaskan siapa yang tinggal dalam kegelapan tidak akan pernah melihat terang,” kata Fury di atas ring.

“Terpujilah satu-satunya Tuhan yang benar Yesus Kristus,” lanjutnya.


Sebelum bertanding dengan Wilder, pria asal Inggris itu memang gencar mempertahankan nama Kristus sebagai kekuatan utamanya saat bertinju.

Dalam perdebatan tatap muka dengan Wilder sebelum pertandingan pertama mereka yang digelar pada 1 Desember 2018, Fury tegas mengatakan satu-satunya kekuatan adalah Tuhan.

Perdebatan soal itu bermula ketika Wilder meyakini ada kekuatan lain dalam dirinya, yang menurutnya mungkin berasal dari keturunannya.

Wilder mengklaim kekuatan tersebut yang membuatnya selalu menang dalam 42 kali pertarungan tinju.

“Saya tidak percaya soal semua itu, saya hanya percaya Kristus adalah Juruselamatku,” tegas Fury.

Perdebatan mereka saat itu diakhiri dengan teriakan Wilder yang mengatakan, “jika demikian pertandingan ini adalah antara kekuatan Tuhanmu dan Tuhanku.”

Pada pertandingan pertama, Fury memang mendominasi pertandingan, namun pukulan telak Wilder sempat menjatuhkannya menjelang ronde akhir hingga hasil pertandingan saat itu akhirnya dinyatakan seri.

Saat ini Fury telah mengantongi kemenangan sebanyak 30 kali, dan sekali seri dari 31 pertandingan.

Sementera itu, bagi Wilder pertandingan kedua dengan Fury merupakan kekalahan pertamanya. Dari 44 kali bertanding, ia sukses memenangi 42 pertandingan, sekali seri dan satu kekalahan.

Mewartakan Kristus di Segala Tempat

Pewartaan Fury tentang Yesus Kristus tidak saja saat ia berada di atas ring tinju. Ia juga sering menyebut nama Kristus ketika bertemu sejumlah wartawan.

Saat diwawancari oleh salah satu reporter BBC sekitar 4 tahun lalu misalnya, Tyson yang saat itu sedang berada di dalam mobil justru mengajak sang reporter untuk percaya kepada Kristus.

“Banyak yang ingin ku katakan kepadamu, percayalah kepada Yesus maka engkau akan selamat,” katanya.

Dalam pertanyaan selanjutnya yang berkaitan dengan tinju, Fury justru kembali menekankan agar terus meyakini Yesus.

“Yesus mencintai saya, kamu, kita dan semua manusia di dunia. Yang harus kita lakukan adalah bertobat dari dosa-dosa dan kita akan diampuni.”

Saat itu, ia juga mengutip inji Yohanes 3:16, yang menurutnya menjadi bukti bahwa Allah begitu mencintai umat manusia. Jawaban Fury tersebut kemudian membuat reporter tersebut segera mengakhiri pertanyaannya.

Kebiasaan yang konsisten ini membuat petinju berusia 31 tahun tersebut kini disebut sebagai atlit pengkotbah di ring tinju.