Keuskupan Roma Ubah Kebijakan: Gereja-gereja Paroki Tetap Dibuka untuk Doa Pribadi

Basilika Kepausan St. Maria di Roma. (Foto: Vaticannews.va)

Katoliknews.comKeuskupan Roma mengambil tindakan cepat untuk mengizinkan beberapa gereja di kota tetap terbuka, satu hari setelah keputusan awal dibuat untuk menutup tempat-tempat ibadah demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Pada hari Jumat pagi, 13 Maret 2020, Paus Fransiskus berdoa “agar Roh Kudus dapat memberikan pertimbangan pastoral kepada para imam sehingga mereka dapat melihat langkah-langkah yang mungkin untuk tidak meninggalkan umat Allah yang kudus dan setia, dan agar umat Allah tetap merasa didampingi oleh para imam mereka. ”

Dengan persetujuan Bapa Suci, Vikaris Kardinal, Angelo De Donatis, yang melakukan pertimbangan pastoral dan ingin menghindari disorientasi atau kebingungan kepada umat, mengeluarkan dekrit baru yang memperbolehkan gereja paroki, dan beberapa misi lainnya, tetap terbuka untuk doa pribadi.

Seperti dilansir Vaticannews.va, dalam sebuah surat kepada umat Keuskupan, Kardinal De Donatis menjelaskan bahwa keputusan untuk menutup gereja-gereja Roma tidak dibuat karena “ketakutan irasional, atau lebih buruk lagi, pragmatisme tanpa harapan”, tetapi sebagai cara untuk mencegah penularan Covid-19.

Namun, ia menjelaskan, ada juga kebutuhan untuk memastikan bahwa orang tidak merasa ditinggalkan, yang membuat mereka mengubah ketentuan pastoral.


Kardinal De Donatis mengatakan Gereja mengandalkan “pertimbangan bijak” dari para imam.

“Buatlah agar dekat dengan umat Allah,” katanya kepada mereka. “Pastikan bahwa setiap orang merasa dicintai dan ditemani, membantu semua orang untuk memahami bahwa Gereja tidak menutup pintunya bagi siapa pun, tetapi khawatir bahwa tidak ada ‘anak kecil’ yang harus mempertaruhkan hidup mereka atau dilupakan.”

Dia mengimbau mereka untuk membawa “penghiburan sakramen-sakramen” kepada mereka yang sakit dan untuk memastikan bantuan yang diperlukan bagi orang miskin, sambil mengambil setiap tindakan pencegahan yang mungkin untuk menghindari apapun yang dapat membahayakan kesehatan orang lain.

Kardinal De Donatis juga menganjurkan doa dalam keluarga, mempertahankan “tradisi turun temurun kita.”

Kardinal mengakhiri suratnya dengan mengajak semua umat keuskupan untuk mempercayakan diri mereka sekali lagi kepada Bunda Maria Kasih Ilahi, Madonna del Divino Amore.