Pemuda Katolik membagikan masker dan hand sanitizer di sekitar Katedral Jakarta dan Masjid Istiqlal pada Sabtu, 28 Maret 2020. (Foto: Ist)

Katoliknews.comAktivis organisasi Pemuda Katolik di DKI Jakarta membagikan ribuan masker dan hand sanitizer (cairan pembersih tangan) di area sekitar Katedral Jakarta dan Masjid Istiqlal serta di luar Stasiun Juanda dan Stasiun Gambir, Sabtu, 28 Maret 2020.

Regina Vianney Ayudya, Wakil Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta mengatakan, kegiatan ini menjadi bagian respon Pemuda Katolik untuk bergotong royong membantu pemerintah menghadapi virus corona (COVID-19).

“Kegiatan ini tidak sekedar membagikan saja, akan tetapi kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat supaya tetap menjaga kesehatan dan tidak meremehkan sebaran virus corona,” katanya.

“Harus diakui memang masih banyak masyarakat yang mengandalkan hidup mencari nafkah di jalanan ini seperti para tukang ojek, pedagang kaki lima, pemulung dan kalangan masyarakat yang rentan terhadap paparan virus corona,” tambahnya.

Ketua Pemuda Katolik DKI Jakarta, Bondan Wicaksono mengucapkan terima kasih atas dukungan banyak pihak sehingga masker dan sand sanitizer ini bisa didistribusikan.

Ia pun menghimbau masyarakat untuk tidak abai terkait protokol pencegahan yang telah dirilis oleh pemerintah.

Salah satu kunci penting dalam melawan COVID-19, kata dia, adalah kesadaran dari masyarakat sendiri.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada tenaga medis baik dokter, perawat, dan para tenaga medis lainnya yang berada dalam garda terdepan melawan virus corona,” katanya.

“Mereka memiliki resiko besar dengan paparan virus karena mereka yang bersentuhan langsung dengan pasien,” imbuh Bondan.

Ia berharap, pemerintah segera mengatasi, termasuk juga memenuhi kebutuhan tenaga medis seperti Alat Pelindung Diri (APD).

Saat ini Pemuda Katolik juga bergabung dengan Jaringan Katolik Melawan COVI-19 (JKMC), yang merupakan gerakan inisiatif orang Katolik dari berbagai profesi untuk membantu masyarakat menanggulangi pandemi COVID-19.

Jaringan ini merupakan gabungan berbagai elemen katolik, baik organisasi kemasyarakatan katolik, rumah sakit, universitas, sekolah, relawan, maupun pengusaha.