Pastor Suparman Andi saat mendoakan ODGJ di rumah bebas pasung.

Katoliknews.com – Pastor dan frater di Seminari Tinggi St. Kamilus di Maumere, Flores menggelar aksi penggalangan dana yang akan dipakai untuk memberi sumbangan logistik bagi Orang Dengan Ganggung Jiwa (ODGJ), yang turut merasakan kesulitan ekonomi akibat virus corona (Covid-19).

Penggalangan dana yang dikaitkan dengan aksi menjelang Paskah itu dinamai sebagai Aksi Paskah Lawan Corona – Peduli ODGJ.

Pastor Cyrelus Suparman Andi, MI, rektor seminari tinggi itu mengatakan, mereka mengajak semua orang yang berkehendak baik untuk ikur berdonasi lewat mereka.

Rencananya, kata dia, mereka memberikan sumbangan bahan makanan berupa 50 kg beras, yang kalau diuangkan menjadi Rp 500.000, indomie 1 dus senilai Rp 95.000, dan gula pasir 2 kg senilai Rp 38.000.

“(Kalau ditotalkan), sebesar Rp 633.000 per keluarga ODGJ,” katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima Katoliknews.com, Jumat 3 April 2020.

“Sekiranya saudara sekalian ingin berpartisipasi dalam aksi sosial Paskah 2020 ini, kami dari Seminari St. Kamilus, Maumere, dengan senang hati menyalurkan kepedulian dan aksi Paskah Anda,” katanya.

Untuk memudahkan penggalangan dana ini, Pastor Andi juga menyertakan nomor yang bisa dihubungi melalui nomor Whats App, yaitu 081337063455.

Selama ini, Seminari Tinggi St. Kamilus sudah mengurus 42 ODGJ di Maumere dan sekitarnya. Mereka antara lain gencar menginisiasi kampanye bebas pasung bagi para ODGJ,  hingga membangun rumah bebas pasung bagi mereka. Rumah-rumah berukuran 3×4 meter itu sudah dibangun di dekat rumah keluarga ODGJ, sehingga mudah dipantau oleh pihak keluarga.

Saat ini sudah ada sejumlah ODGJ yang mengalami perkembangann positif. Sebagian dari mereka sudah diberdayakan, dengan diberi pekerjaan harian agar memiliki kesibukan dan penghasilan sendiri.

BIVAN S