Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko memimpin perayaan Misa Mingguan melalui media daring (online) di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu, 21 Maret 2020. (Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Katoliknews.com – Uskup Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko mengajak umat Katolik untuk tidak perlu mudik demi mencegah penyebaran Covid-19 dan bisa mengikuti ibadah selama Pekan Suci dari rumah dengan menyaksikan siaran langsung di Youtube atau radio.

“Saudara-saudariku yang sedang merantau, Paskah tahun ini tetep di kota masing-masing ya. Jangan mudik dahulu, kita tidak tau apakah kita membawa virus corona pulang atau tidak, maka dari itu ditahan dulu kangennya sambil berdoa supaya wabah ini cepat selesai,” kata Uskup Rubi, lewat akun instagramnya, yang dikutip Katoliknews.com, Selasa, 7 April 2020.

Ia pun mengajak umat untuk mengikuti Perayaan Ekaristi melalui live streaming dan radio selama Pekan Suci.

Terdapat sejumlah ibadah yang dilakukan melalui siaran langsung, yakni Kamis Putih pada 9 April, Jumat Agung pada 10 April, Malam Paskah pada 11 April dan Minggu Paskah pada 12 April.

Uskup Rubi sendiri dan sejumlah imam Keuskupan Agung Semarang (KAS) yang memimpin ibadah, yakni Romo Yohannes Rasul Edy Purwanto, Vikaris Jendral KAS; Romo Heribertus Budi Purwantoro, Ketua Komisi Kepemudaan KAS dan Romo Herman Yosep Singgih.

Selain lewat live streaming di Youtube Komsos KAS, ibadah juga disiarkan lewat radio, seperti Radio JFM Semarang, Radio Petra Yogyakarta, LPPL Radio Magelang FM dan Radio Metta FM Solo. 

Ia juga menginstruksikan seluruh imam dan umat untuk menjaga hidup sehat dan bersih, sambil juga “tekun berdoa dan tidak merasa panik.”