Basilika Santo Petrus, Vatikan

Katoliknews.com – Basilika Santo Petrus, Vatikan kembali dibuka untuk peziarah mulai hari ini, Senin 18 Mei 2020.

Sebelum dibuka kembali, tim disinfektan sudah menyemprot semua area seluas 23.000 meter persegi itu pada Jumat lalu.

Seperti dikutip dari AFP pada Sabtu 16 Mei 2020, meski dibuka, Garda Swiss Vatikan yang dibantu oleh para relawan Ordo Malta akan memperketat akses masuk peziarah ke Basilika. Misalnya, sejumlah aturan dan protokol Covid-19 akan diterapakan dengan tegas.

Selain itu, Paus Fransiskus belum diharapkan untuk mengggelar rangkaian ibadat di tempat itu untuk menghindari kerumunan.

Sementara itu, bertepatan dengan momen dibuka kembali akses ke Basilika Santo Petrus, Sri Paus Fransiskus juga akan merayakan misa tertutup di depan makam Yohanes Paulus II untuk memperingati 100 tahun kelahiran almarhum.

Tak hanya itu, di luar Vatikan, umat Katolik juga diberi kesempatan untuk menghadiri misa, pembaptisan, pernikahan dan pemakaman di gereja-gereja Italia namun mesti mematuhi serangkaian protocol Covid-19, termasuk mengenakan masker dan physical distance.

Basilika Santo Petrus ditutup sejak 10 Maret lalu usai Italia menerapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Total pasien Covid-19 di Italia kini sudah mencapai 225 ribu orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 125 ribu dinyatakan sembuh, sementara 31.908 lainnya meninggal dunia.