Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Ignatius Kardinal Suharyo. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Ignatius Kardinal Suharyo menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada umat Muslim lewat sebuah video, di mana ia menyampaikan harapannya agar mereka makin berbakti kepada Tuhan.

Dalam video itu, ia menyatakan, sebagai Ketua KWI dan juga Uskup Agung Jakarta, “dengan tulus ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada sahabat Muslim di manapun Anda berada.”

“Tahun ini Hari Raya Idul Fitri dirayakan di dalam keadaaan ketika kita sangat prihatin akibat wabah Virus Corona. Di tengah-tengah keperihatinan itu kita berharap, semoga hari raya ini membuat kita semua semakin berbakti kepada Tuhan,” katanya.

Ia juga menambahkan, bakti kepada Tuhan juga mesti berbuah dalam bentuk “persaudaraan kita yang semakin erat.”

“Dan persaudaraan kita yang semakin erat juga berbuah bagi bela rasa yang sangat dituntut di dalam kehidupan saat ini, (yakni) rela berbagi kehidupan dalam bentuk-bentuk yang sangat konkret,” kata Suharyo.

Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada Minggu esok, 24 Mei.

Dirayakan di tengah pandemi Covid-19, perayaan yang juga disebut Lebaran ini tidak dirayakan seperti biasanya, di mana umat Muslim menggelar sholat berjemaah dan bersilahturahmi dengan kerabat.

BACA JUGA: Romo Magnis: Solidaritas dan Tertib, Kunci Hadapi Pandemi Covid-19

Pembatasan sosial yang masih diberlakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 membuat Menteri Agama, Faizul Razi meminta untuk mengoptimalkan media sosial jika hendak memberi ucapan selamat.

Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 mengumumkan penambahan 949 kasus baru pada Sabtu, 23 Mei, sehingga total kasus di Indonesia saat ini adalah 21.745.

BACA JUGA: Tokoh Lima Agama Ingatkan Pentingnya Usaha Bersama Menyikapi Pandemi Covid-19

Dari total akumulasi tersebut, 5.249 sudah sembuh, sementara 1.351 meninggal dunia.