Pastor Franz Magnis Suseno SJ (Foto: Republika).

Katoliknews.comRomo Franz Magnis-Suseno, SJ menekankan pentingnya solidaritas antarsesama serta sikap tertib untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

Ia mengatakan, dalam situasi terancam seperti saat ini, semua pihak diharapkan untuk tidak egois dan memikirkan diri sendiri.

“Dalam solidaritas, kita maju bersama,” katanya, Jumat, 22 Mei 2020.

Solidaritas berarti mereka yang sudah dikaruniai kehidupan yang lumayan, di mana dalam hal ekonomi terjamin mesti bergotong royong dan membuka tangan membantu warga yang membutuhkan bantuan. 

“Kita harus solider lintas ras, budaya, suku, lintas batas agama,” katanya.

Romo Magnis berharap, ada rasa senasib sepenanggungan di antara sesama warga dan tidak meninggalkan orang yang membutuhkan bantuan.

“Ini saatnya setiap orang membuka mata hati,” katanya.

Di samping sikap solidaritas, ia juga mengingatkan kita semua untuk bersikap tertib.

“Pandemi mengajar kita supaya tertib,” katanya.

“Kita pakar masker. Kita harus bersih, cuci tangan, mengambil jarak. Kalaupun ingin bersama, misalnya beribadat, kita tetap jangan membentuk kerumunan,” tambahnya.

Ia mengatakan, Tuhan memberikan kita kemampuan untuk bertanggung jawab.

“Dengan solidaritas dan tertib kita boleh mengharapkan bangsa kita maju terus, bangsa akan keluar dari masalah Covid-19,” pesannya.

BACA JUGA: Tokoh Lima Agama Ingatkan Pentingnya Usaha Bersama Menyikapi Pandemi Covid-19

Ia pun meminta semua pihak untuk memperhatikan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah.