Uskup di India Sumbang Ginjal Bagi Seorang Pria Hindu

Katoliknews.com – JACOB Muricken, Seorang Uskup di keuskupan Palai, India pada Rabu, 1 Mei menyumbangkan ginjalnya untuk seorang pria beragama Hindu.

Penerima ginjal adalah Sooraj Sudhakaran, seorang pria 30 tahun yang sudah menderita gagal ginjal sejak dua tahun lalu. Menurut kabar, ia telah kehilangan pekerjaan dan rumah untuk biaya perawatan ginjal.

Sebagaimana dilansir Mirifica.net pada Kamis, 2 Juni, Uskup Muricken mengatakan bahwa hal itu ia lakukan karena terinspirasi dari Pastor Davis Chiramel yakni seorang pendiri Federasi Ginjal India.

Organisasi ini telah menyiapkan 15 imam dan 6 suster yang siap menyumbangkan ginjalnya untuk orang yang membutuhkan dan bahkan tidak dikenal.

“Saya tidak takut terhadap operasinya, ini hanya sedikit pengobanan untuk sesama kita,” ujar Uskup Muricken.

Kebaikan hati Uskup tersebut lantas menuai tanggapan positif dari sejumlah pihak, termasuk salah seorang pengusaha lokal bernama Anil Belurkar.

“Aksi bapa uskup menjadi contoh bagi seluruh pemimpin berbagai golongan, untuk mengasihi lewat aksi nyata daripada hanya ceramah dan berkata-kata,” ungkap Anil.

Kemudian, kata Anil, pengorbanan Uskup Muricken itu juga mampu menghancurkan stigma di India yang menganggap bahwa donor organ tubuh merupakan sebuah hal yang tabu.

Roby Sukur/Katoliknews