Uskup Maumere Tahbis 13 Diakon di Seminari Ledalero

Katoliknews.com – Uskup Maumere, Mgr Gerulfus Kherubim Pareira pada Kamis, 2 Juni menahbiskan 13 orang diakon di Kapela Agung Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero.

Sebagaimana dilansir Timorraya.com, Uskup Kherubim saat itu menyebutkan sejumlah pesan, yang dapat menjadi kunci bagi para diakon dalam melayani umat di tempat tugas mereka.

“Saya ingatkan kembali pesan Bapa Paus Fransiskus untuk para diakon kita yang baru ditahbiskan ini. Beliau ingatkan kita agar melayani umat tanpa harus mengenal waktu,” Ungkap Uskup Kherubim.

“Artinya jangan kita hanya terpaku pada agenda yang kita buat tetapi harus selau siaga manakala dibutuhkan oleh umat. Tugas anda sekalian adalah untuk melayani, maka layanilah umat dengan sepenuh hati,” lanjutnya.

Hal itu kemudian ditegaskan oleh Provinsial SVD Ende, Pastor Leo Kleden yang juga menghadiri misa pentahbisan itu. Ia menjelaskannya dari sudut pandang hakekat seorang pelayan.

“Kepada ke-13 konfraterku sekalian selamat atas urapan diakon kalian, saya ingatkan bahwa jadilah pelayan sabda yang mampu membagi roti kehidupan bagi sesamamu,” kata Pastor Leo.

Ke-13 diakon ini antara lain Diakon Saverius Susanto, Diakon Samuel Soda Wekin,Diakon Dominggus Mite Kota, Diakon Karolus Luangga Tefa,Diakon Nicodemus Moruk, Diakon Selcilius Riwu Nuga,Diakon Agustino Horowura, Diakon Marselus Tanik, Diakon Daniel Meni,Diakon Vinsensius Ngganggur,Diakon Vitalis Ati, Diakon Timotius Titus Mauk dan Diakon Yosef Riang.

Usia ditabhbiskan, diakon-diakon ini bakal segera beranjak ke sejumlah tempat tugas, baik di dalam negeri maupun di negara lain. Hal itu sudah ditentukan dalam ikrar kaul kekal mereka dua tahun lalu.

Roby Sukur/Katoliknews