KAJ: Berita Pengangkatan Mgr Suharyo Jadi Kardinal Tidak Benar

Mgr Ignatius Suharyo. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Pihak Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menyampaikan klarifikasi terkait isu yang beredar yang menyebut Mgr Ignatius Suharyo diangkat menjadi kardinal oleh Paus Fransiskus.

Isu itu sempat ramai di media sosial pada Minggu kemarin, 9 Oktober 2016.

“Menanggapi adanya berita pada tanggal 9 Oktober 2016 tentang pengangkatan Bapa Uskup Ignatius Suharyo sebagai Kardinal, yang beredar di media sosial, maka Keuskupan Agung Jakarta menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar,” demikian pernyataan Romo V. Adi Prasojo Pr, Sekertaris KAJ.

Ia juga meminta agar menghentikan meluasnya berita yang tidak benar tersebut, “dengan cara tidak ikut menyebarluaskannya.”

“Semoga Tuhan dan Bunda Maria senantiasa membimbing Gereja-Nya yag kudus,” lanjut Rm Prasojo.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Minggu kemarin, Paus memang mengumumkan nama 17 kardinal baru, di mana tidak ada Uskup Agung KAJ, Mgr Suharyo dalam daftar itu.

BACA: Paus Fransiskus Umumkan 17 Kardinal Baru

Ke-17 kardinal ini akan resmi diangkat dalam upacara konsistori, 19 November 2016, bertepatan dengan malam penutupan Tahun Yubileum Kerahiman Ilahi.

Tiga belas dari para kardinal baru tersebut berusia di bawah 80 tahun dan berhak mengikuti pemungutan suara dalam konklaf atau pemilihan paus.

Edy/Katoliknews