Mgr Adrianus OFM Hadiri Pengukuhan Teman Karib Jadi Superior SVD Jendral di Roma

677

Katoliknews.com—Akhirnya Uskup Keuskupan Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko OFM bertemu dengan kawan karibnya saat kuliah doctoral di negeri Jerman. Kawan karib itu, Pater Paul Budi Kleden SVD. Pastor asal Flores ini, kini menjadi Superior General SVD.

 

Kisah pertemuan ini berawal dari bisikan Monsinyur Adrianus OFM kepada seorang imam diosesan Pangkalpinang, Romo Bertho. “Saat kursus para uskup yang lalu, Monsinyur sudah menyinggung kalau bliau ingin berjumpa dengan Pater Budi. Hanya saja masih dicarikan waktu yang baik,” kata Romo Berto dalam whatsApp-nya kepada katoliknews.com.

“Setelah kursus selesai, saya di hubungi Monsinyur untuk menemani beliau menghadiri misa pengukuhan Pater Paul Budi Kleden SVD sebagai General SVD yang baru,” ujar Romo Bertho.

Menurut Romo Bertho, perististiwa berahmat itu terjadi Minggu 30 September 2018. “Acara pengukuhan itu dilaksanakan dalam perayaan ekaristi yang dimulai pukul 17.00 waktu Roma,” imbuh Romo yang sedang belajar Kristologi ini.

Setelah acara selesai, kata Romo Bertho lagi, Uskup Adrianus OFM dan Pater Budi SVD sempat berbicara berdua sekitar 30 menit, tanpa ada peliputan.

Menurut Romo Bertho, misa itu diwarnai dengan nyanyian, tarian dan doa dari berbagai bahasa yang mau melukiskan karya misi SVD yang melintasi suku bahasa ras.

Awalnya misa dipimpin oleh Pater Heinz Kaluke, Superior General sebelumnya. “Setelah pengukuhan yang terjadi setelah injil, selanjutnya misa dipimpin oleh Pater Budi SVD,” imbuh Romo Bertho.

Hadir juga dalam perayaan ini, Duta Besar Republik Indonesia untuk Tahta Suci,  H. E. Antonius Agus Sriyono. Setelah misa dilanjutkan dengan acara ramah tamah, makan malam malam bersama. (*)

Romo Bertho dari Roma

Komentar