Paus Fransiskus Sampaikan Ucapan Duka Atas Kepergian Mgr. Saklil

Paus Fransiskus. (Foto: Ist)

Katoliknews – Paus Fransiskus menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Uskup Timika Mgr. John Philip Saklil pada Sabtu, 3 Agustus 2019 lalu.

Ucapan duka cita itu disampaikan lewat Sekretaris Negara Vatikan Kardinal, Pietro Parolin yang dibacakan oleh Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Ignatius Suharyo saat misa penghormatan dan pemberkatan jenazah di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Papu, Rabu (7/8/2019).

“Bapak Suci Paus Fransiskus turut berduka setelah mengetahui meninggalnya Uskup John Philip Saklil secara tak terduga,” kata Mgr. Suharyo.

“Beliau mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada klerus, kaum religius, umat beriman, keluarga, dan seluruh umat Keuskupan Timika dan Keuskupan Agung Marauke seraya mengucap syukur atas tahun-tahun pelayanan imamat dan episkopat Mgr. John Saklil,” lanjutnya.

Selain itu, kata dia, Paus juga memberikan berkat apostolik kepada umat Keuskupan Timika dan Keuskupan Agung Merauke yang ditinggalkan oleh Mgr. Saklil.

Ucapan duka juga disampaikan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo.

“Sambil mengungkapkan rasa belasungkawa, saya juga berbagi iman dalam Tuhan kita yang bangkit yang telah menerima Mgr. John dalam Kerajaan Surgawi sembari berdoa bagi istirahatnya yang kekal,” katanya.

“Mari kita meminta kepada Uskup John yang hidup selamanya dalam keabadian untuk selalu mendoakan kita dan tidak meninggalkan kita,” ujarnya.

Usai misa saat itu, jenazah Mgr. Saklil lalu dimakamkan di Kuburan Imam Projo di belakang rumah uskup Timika.