Forum Masyarakat Katolik Imbau Selesaikan Masalah di Indonesia Tanpa Kekerasan

Katoliknews – Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) mengimbau seluruh elemen untuk menyelesaikan semua persoalan di Indonesia tanpa menggunakan kekerasan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Nasional FMKI Yulius Setiarto dalam keterangan tertulis, Senin 30 September 2019.

“Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar ruang-ruang dialog lebih dioptimalkan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam mencari solusi terbaik,” kata Yulius.

Ia mengatakan, sebagai negara hukum, sudah selayaknya perbedaan pendapat diselesaikan dengan cara-cara yang beradab melalui jalur konstitusional yang telah disepakati dalam sistem demokrasi.

FMKI bersama sejumlah ormas Katolik lantas mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menghindari dan tidak mudah terprovokasi atau percaya pada berita-berita bohong, ujaran kebencian dan fitnah yang belum tentu kebenarannya.

Publik juga diminta mewaspadai situasi benturan antar sesama anak bangsa.

“Kepada TNI dan Polri, melihat beberapa fakta kejadian. Kami berharap dan menekankan agar tetap mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis dalam menangani aksi-aksi unjuk rasa yang terjadi,” ujar Yulius.

Selain FMKI, organisasi masyarakat Katolik yang turut menyatakan sikap antara lain, Presidium Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI), Pimpinan Pusat Pemuda Katolik (PP Pemuda Katolik), dan Dewan Pengurus Pusat Wanita Katolik RI (DPP WKRI).

Pernyataan ini dikeluarkan FMKI sebagai tanggapan atas demonstrasi yang digelar di sejumlah kota di Indonesia berakhir ricuh yang menolak Undang-undang KPK hasil revisi, Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dan sejumlah rancangan Undang-undang (RUU) lainnya.

Bahkan, aksi demonstrasi mahasiswa di Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (26/9/2019), menelan korban jiwa.