Vatikan Rilis Agenda Kunjungan Paus Fransiskus ke Thailand dan Jepang

Paus Fransiskus. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Vatikan telah secara resmi mengumumkan agenda kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke dua negara di Asia, yaitu Thailand dan Jepang pada bulan depan.

Menurut Vaticannews.va, Bapa Suci akan bertolak dari Roma pada 19 November dan setelah tiga hari penuh di Thailand, ia akan berangkat ke Jepang. Dia dijadwalkan kembali ke Vatikan pada 26 November.

Setelah tiba di Bangkok pada 20 November, ia akan menerima sambutan resmi di Terminal 2 Bandara Militer.

Paus akan menghadiri upacara penyambutan di Kantor Pemerintah pada 21 November sebelum bertemu dengan Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha dan pejabat pemerintah, masyarakat sipil serta tokoh-tokoh diplomatik.

BACA JUGA:

Dia juga akan mengunjungi pimpinan tertinggi agama Budha di Wat Ratchabophit Sathit Maha Simaram serta staf medis dan pasien di Rumah Sakit St. Louis.

Setelah makan siang di Kedutaan Besar Vatikan, paus akan mengadakan pertemuan pribadi dengan Raja Thauland,  Maha Vajiralongkorn di Amphorn Royal Palace sebelum Misa di Stadion Nasional Thailand.

Pada 22 November, Paus Fransiskus akan bertemu dengan para pastor, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Paroki St Petrus. Dia juga akan bertemu dengan para uskup, anggota Serikat Yesus dan para pemimpin agama sebelum Misa bersama kaum muda di Katedral Maria Diangkat ke Surga.

Paus akan terbang ke Tokyo pada 23 November dan disambut di Bandara Tokyo-Haneda sebelum pertemuan dengan para uskup di Kedutaan Besar Vatikan.

Pada 24 November, ia akan berangkat ke Nagasaki dan Hiroshima untuk memberikan pesan tentang senjata nuklir di Taman Hiposenter Bom Atom dan memberikan penghormatan kepada para partir di Monumen Martir.

Pada 25 November, ia akan melakukan kunjungan pribadi ke Kaisar Naruhito di Istana Kekaisaran sebelum bertemu kaum muda di Katedral Santa Maria dan Misa di Tokyo Dome. Dia juga akan bertemu Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Pada 26 November, paus akan mengadakan Misa pribadi dengan Anggota Serikat Yesus di Kapel Kulturzentrum, Universitas Sophia, sebelum ia terbang kembali ke Vatikan.