Vatikan Umumkan Uskup Ruteng Hari Ini

Katedral Ruteng. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Sebuah kabar gembira muncul dari Keuskupan Ruteng hari ini, Rabu, 13 November 2019. Vatikan dikabarkan akan mengumumkan secara resmi uskup baru, pengganti Mgr Hubertus Leteng Pr, yang sudah mengundurkan diri dua tahun lalu.

Pimpinan Keuskupan menyampaikan bahwa pada Rabu sore pukul 18.30 Wita, uskup baru itu akan diumumkan kepada umat di Gereja Kathedral Ruteng.

Para vikep, provinsial, imam, biarawan/biarawati dan ketua dewan paroki di Kota Ruteng diundang untuk mendengarkan pengumuman tersebut.

“Pengumuman didahului ibadat sore bersama. Sangat diharapkan kehadiran kita semua,” demikian isi pengumuman tersebut yang ditandatangani oleh Vikjen, Rm Alfons Segar Pr.

Sejak 2017, Keuskupan Ruteng dipimpin sementara oleh Uskup Denpasar, Mgr Silvester San Pr. Penunjukkan Mgr Silvester sebagai Administrator Apostolik kala itu diumumkan bertepatan dengan hari pengumuman pengunduran diri Mgr Huber pada 11 Oktober 2017.

Pengunduran diri Mgr Huber terjadi menyusul mencuatnya polemik dengan para imam terkait dengan masalah dugaan penyelewengan keuangan dan  hubungan khusus dengan seorang perempuan, meski dalam surat pengumuman pengunduran dirinya, kedua hal itu tidak disinggung Vatikan.

Mgr Huber saat ini bertugas di Keuskupan Bandung.

Keuskupan Ruteng secara geografis meliputi tiga kabupaten di Flores barat, yakni Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Dari populasi sekitar 820 ribu jiwa di tiga kabupaten itu, 96.36% adalah Katolik.

BACA JUGA: Mgr Siprianus Hormat Pr: Uskup Baru untuk Keuskupan Ruteng