Patung Bunda Maria Tertinggi di NTT Selesai Dibangun

Patung Bunda Maria Segala Bangsa di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tercatat sebagai patung tertinggi di provinsi itu. (Foto: Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Belu)

Katoliknews.com – Sebuah patung Bunda Maria yang tercatat sebagai patung tertinggi di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah selesai dibangun.

Patung Bunda Maria Segala Bangsa dengan tinggi 32 meter yang terletak di Teluk Gurita, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu tersebut juga sudah dibuka untuk para peziarah sejak 24 Desember 2019 lalu.

Bupati Belu, Willybrodus Lay mengatakan, wilayah di sekitar patung itu yang akan menjadi salah satu destinasi wisata religi masih akan ditata lagi.

Pemerintah, jelasnya, menyiapkan anggaran untuk itu.

“Dalam Tahun Anggaran 2020 Pemerintah telah mengalokasikan tambahan anggaran sebesar sembilan miliar lebih untuk penataan lokasi sekitar Patung Bunda Maria, dan telah disetujui DPRD Belu,” kata Lay baru-baru ini, seperti dilansir website resmi Dinas Informasi dan Komunikasi.

Proyek pembangunan patung ini dikerjakan PT Enviture Mulia Persada selama 210 hari terhitung tanggal kontrak 17 Mei 2019 dan dibiayai oleh APBD II Kabupaten Belu tahun 2019 senilai 16 miliar rupiah.

Patung ini dibangun dari bahan pasir silika dan perunggu. Beratnya sekitar 45 ton.

BACA JUGA: Patung Bunda Maria di NTT: Dibangun Pemerintah, Dikelola Gereja

Patung ini memecahkan rekor sebagai patung tertinggi, melampaui tinggi Patung Bunda Maria Bukit Nilo, Maumere yang mencapai 28 meter.

Tak hanya itu, dengan tatakan patung setinggi 9 meter, total keseluruhan tinggi patung tersebut sekitar 41 meter.